Miqdad Muhammad
(Operation Manager)

Miqdad Muhammad adalah Operations Manager di Spectrum CSR Solution. Ia adalah alumni dari Departemen Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Ia memiliki kualifikasi dalam bidang pengelolaan program community development, mulai dari perencanaan, pemantauan dan evaluasi. Sejak di bangku kuliah, Miqdad sering terlibat dalam penelitian sosial maupun proyek sukarelawan pada program sosial baik yang dikelola oleh lembaga akademik atau lembaga nirlaba seperti Yayasan Kelola dan Sekolah Pasar. Pendidikan akademik dan pengalaman memberikan kesan yang membekas di hati dan pikiran, sehingga akhirnya mengantarkan pada pilihan karir sebagai konsultan manajemen program community development.

Miqdad berpengalaman lebih dari 4 tahun mendampingi perusahaan terutama minyak dan gas, dalam implementasi program tanggung jawab sosialnya. Ia mengawali karir sebagai asisten peneliti di Sodec (Social Development Studies Center), sebuah pusat studi di Universitas Gadjah Mada. Pada tahun 2015, Ia berkesempatan menjadi asisten penilai Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Setelah 2 tahun bekerja di Sodec, Miqdad menginisiasi lembaga riset bernama Inside (Institute for Social Development) pada tahun 2016. Ia bersama rekan alumninya menangani pekerjaan konsultansi yang berfokus pada pendampingan PROPER Hijau dan Emas.

Sebagai Operations Manager, Miqdad bertanggungjawab untuk mengelola dan memantau berbagai pekerjaan tim konsultan, serta memeriksa hasil pekerjaan sesuai dengan standar kualitas.  Film, teater dan konser musik merupakan hal yang menyenangkan yang ia lakukan di waktu senggang. Ia sangat mengidolakan teater boneka asal Yogyakarta, Papermoon Puppet Theatre