Kegiatan stakeholder engagement

Stakeholder Engagement, Aspek Penting dalam CSR (Bagian 2)

Tujuan dari stakeholder engagement adalah untuk mengidentifikasi siapa saja para stakeholder perusahaan, menjadi panduan dalam penyusunan strategi pembinaan hubungan yang tepat. Dengan demikian, perusahaan dapat memastikan dukungan sosial dari para stakeholder tetap terjaga dengan baik. 

Selain itu, penyusunan dokumen stakeholder management menjadi penting, misalnya dalam rangka pemenuhan regulasi pemerintah, seperti PROPER. 

Demi memastikan perusahaan mengetahui situasi dan dapat merencanakan program CSR yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta dapat berkontribusi secara maksimal terhadap pemberdayaan masyarakat dan lingkungan. 

Tahapan Pengelolaan Stakeholder 

Menurut AA1000 AccountAbility Stakeholder Engagement Standard, ada 4 tahap dalam mengelola stakeholder: (1) merencanakan strategi dalam stakeholder engagement, (2) menyiapkan sumber daya, personel, dan keterampilan, (3) membina hubungan berdasarkan stakeholder engagement plan, dan (4) melakukan pemantauan/evaluasi stakeholder engagement.

Proses dalam Stakeholder Engagement

Teknik Pemetaan Stakeholder 

Pemetaan Stakeholder atau Stakeholder mapping adalah proses untuk mengidentifikasi dan menilai dampak individu atau kelompok stakeholder perusahaan terhadap perusahaan. Identifikasi stakeholder melalui mapping dapat dilakukan  dengan teknik berbasis rantai nilai dan analisis atribut. 

Adapun hal penting yang perlu dilakukan dalam pengumpulan data pemetaan stakeholder adalah berikut: 

  • Identifikasi stakeholder; Teknik yang digunakan adalah berbasis rantai nilai (FGD dengan internal perusahaan)  
  • Analisis atribut; Teknik yang digunakan adalah penentuan prioritas berdasarkan skoring melalui diskusi tim penyusun   
  • Tema, isu dan hasil engagement; Teknik yang digunakan adalah pendalaman dengan stakeholder dan fungsi terkait melalui wawancara (online dan offline) 

Pendekatan dalam Penyusunan Stakeholder Engagement 

Penyusunan stakeholder engagement dilakukan melalui analisis isu strategis stakeholder, intervensi pendekatan, dan strategi stakeholder engagement, serta menelaah bentuk dan implementasi stakeholder engagement yang dilakukan.  

Analisis isu strategis stakeholder bisa disesuaikan dengan Dalam melakukan penyusunan stakeholder engagement perlu dilakukan analisis isu strategis stakeholder. Melalui pemetaan isu utama, dapat diidentifikasi isu/permasalahan yang menjadi perhatian stakeholder dan bagaimana isu tersebut bisa dikelola.  

Dalam konteks pemenuhan PROPER, penyajian analisis isu strategis disesuaikan dengan kriteria Permen LHK No. 01 Tahun 2021, yaitu cakupan tema stakeholder engagement meliputi lingkungan, sosial, dan ekonomi.  

Selanjutnya dilakukan intervasi pendekatan dan strategi stakeholder engagement yang telah dilakukan perusahaan dalam 1 tahun terakhir. Pendekatan dan strategi engagement ini disesuaikan dengan kriteria Permen LHK No. 01 Tahun 2021, yaitu meliputi komunikasi, konsultasi, dialog, dan kemitraan.   

Pengukuran Hasil Stakeholders Engagement 

Untuk mengukur hasil stakeholder engagement yang telah dilaksanakan, instrumen pengukuran social license to operate index atau disingkat dengan SLOI dapat digunakan. Dengan memakai instrumen SLOI, selain mengetahui hasil stakeholder engagement, perusahaan dapat memantau tingkat social license dari stakeholder terkait keberadaan operasi perusahaan.  

Pengambilan data serta informasi dalam pengukuran SLOI menggunakan metode kuantitatif (survei kuesioner) dan kualitatif (wawancara mendalam dengan informan). Adapun responden survei dipilih menggunakan teknik purposive. 

Studi Kasus Stakeholder Manajement oleh Spectrum CSR Solution 

Salah satu manajemen stakeholder pernah kami lakukan berhubungan dengan 3 hal utama, (1) hasil pemetaan isu dan stakeholder serta strategi engagement-nya, (2) implementasi stakeholder engagement masing-masing fungsi berdasarkan isu yang dikelola, dan (3) pembahasan hasil stakeholder engagement.  

Salah satu manajemen stakeholder yang kami lakukan dari Pertamina PHE Jambi Merang dengan 57 stakeholder. Seluruh stakeholder tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 kategori seperti bagan di bawah ini: 

hasil pemetaan stakeholder engagement

Dari hasil identifikasi stakeholder, dilakukan kategorisasi stakeholder untuk menentukan stakeholder prioritas PT PHE Jambi Merang. Stakeholder prioritas ini merupakan pihak-pihak yang perlu dikelola secara khusus untuk meningkatkan dukungan sosial.Keberadaan mereka memegang peranan penting untuk mendukung keberlanjutan bisnis perusahaan.  

Konsultasikan Stakeholder Engagement  

Kami di Spectrum CSR Solution siap membantu perusahaan Anda dalam mengelola stakeholder dengan efektif. Dengan pendekatan yang terintegrasi dan solusi yang terukur, kami memastikan program CSR Anda mencapai dampak yang signifikan. Hubungi kami sekarang untuk konsultasi lebih lanjut! 

 

Share:

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp