Community/Customer Satisfaction Index merupakan salah satu instrumen untuk mengevaluasi program/kegiatan community development atau kepuasan pelanggan terhadap layanan jasa/produk. Hasil kajian ini juga digunakan sebagai evaluasi untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja bisnis atau program comdev yang telah dijalankan oleh Perusahaan.
ISU DAN TANTANGAN
- Untuk memastikan kinerja bisnis atau program community development berjalan sesuai strategi dan rencana, perusahaan perlu melaksanakan pemantauan dan evaluasi program secara berkala.
- Mengetahui tingkat kepuasan pelanggan/masyarakat terhadap kinerja layanan jasa/produk atau pengelolaan program community development.
PENDEKATAN
- Spectrum melakukan pengukuran evaluasi menggunakan empat aspek penilaian: (1) aspek perencanaan, (2) aspek implementasi, dan (3) monitoring dan evaluasi.
- Pendekatan dalam evaluasi program disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan tingkat pengguna (pelaksana teknis, manajemen madya, manajemen puncak).
KLIEN