Pembaruan Kebijakan dan Instrumen Tata Kelola Program

Spectrum membantu klien dalam menyusun, memperbarui dan mengevaluasi instrumen tata kelola perusahaan, mulai dari level kebijakan, Standard Operating Procedure (SOP) dan instruksi kerja pengelolaan program community development di perusahaan. Instrumen tata kelola akan menjadi panduan bagi pekerja dalam melaksanakan tugas dan fungsinya secara mandiri dan efisien.   ISU DAN TANTANGAN Perusahaan memerlukan pembaruan dokumen panduan […]

Pendampingan PROPER

Spectrum juga membantu perusahaan dalam memenuhi kinerja sosial sebagaimana yang disyaratkan oleh PROPER khususnya dalam bidang community development. Melalui jasa konsultansi ini, kami mendampingi perusahaan dalam mengidentifikasi dan memahami kesenjangan pemenuhan kinerja sosial berdasarkan kriteria PROPER serta merekomendasikan tindakan korektif termasuk melakukan penguatan kapasitas bagi tim internal. ISU DAN TANTANGAN Perusahaan ingin mengetahui hasil kinerja […]

Community/Customer Satisfaction Index (CSI)

Kegiatan penyuluhan program CSR

Community/Customer Satisfaction Index merupakan salah satu instrumen untuk mengevaluasi program/kegiatan community development atau kepuasan pelanggan terhadap layanan jasa/produk. Hasil kajian ini juga digunakan sebagai evaluasi untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja bisnis atau program comdev yang telah dijalankan oleh Perusahaan. ISU DAN TANTANGAN Untuk memastikan kinerja bisnis atau program community development berjalan sesuai strategi dan rencana, […]

Pemantauan dan Evaluasi Program (SROI)

Spectrum memberikan asistensi kepada klien dalam rangka mengukur dampak dan capaian program. Kami menggunakan berbagai pendekatan misalnya pengukuran kinerja (berbasis key indicator) dan Social Return on Investment (SROI). Hasil evaluasi dan pengukuran capaian program menjadi masukan bagi perusahaan untuk perbaikan program. Dalam konteks kepentingan manajemen puncak, capaian program sosial dapat dijadikan sebagai bagian konten komunikasi […]

Pendampingan Implementasi Program

Spectrum juga membantu klien dalam hal pengelolaan program melalui dua skema pendampingan. Skema pertama, program secara penuh ditangani oleh tenaga ahli yang ditempatkan langsung di unit kerja klien. Skema kedua, Spectrum berperan sebagai mitra pendamping teknis sekaligus supervisi program community development di masyarakat. ISU DAN TANTANGAN Perusahaan tidak memiliki fasilitator program community development. Tuntutan pemangku […]

Pemetaan Sosial dan Pemangku Kepentingan

Pemetaan sosial dan pemangku kepentingan merupakan salah satu instrumen untuk mengetahui kondisi sosial, ekonomi, sosial dan budaya masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan. Selain itu, perusahaan juga perlu mengenali pemangku kepentingan yang terdampak dan memberi dampak terhadap kegiatan operasinya. Basis data yang dihasilkan nantinya akan menjadi landasan bagi perusahaan dalam merumuskan strategi program community development […]

Penyusunan Masterplan Community Development

Spectrum membantu klien merumuskan strategic planning dalam hal pengelolaan program community development yang menyelaraskan antara strategic intent perusahaan, regulasi dan standar nasional/internasional yang berlaku serta peluang dan tantangan perusahaan selama periode 5 tahun kedepan. Dokumen masterplan ini akan menjadi acuan perusahaan dalam mengelola program community development secara optimal, baik di kantor pusat maupun di unit […]